Halaman

Senin, 30 September 2013

PROFIL PERUSAHAAN PT. MUSTIKA RATU

Dalam  dunia bisnis global seperti saat ini di tuntut perusahaan untuk mampu bersaing dan menjadi market leader pada pasar. Tentunya semua itu didukung dengan adanya strategi yang tepat dalam upaya meraih posisi tersebut. Dengan menerapkan strategi bisnis yang tepat dan didukung dengan system manajemen yang baik, semuanya itu akan mendukung keberhasilan perusahaan dalam mengimplementasikan strategi dalam upaya meraih posisi sebagai pemimpin pasar. Salah satu prusahaan yang menjadi pemimpin pasar dalam industri kosmetik dalam negeri adalah PT. Mustika Ratu Tbk (MRAT).
            PT. Mustika ratu, Tbk merupakan salah satu perusahaan manufacturing yang tercatat (listing) di Bursa Efek Indonesia pada tanggal 27 juli 1995 dengan menerbitkan 80.000.000 lembar saham pada perdagangan perdananya.
            PT. Mustika Ratu Tbk merupakan perusahaan yang menjadi sponsor utama dalam Pemilihan Puteri Indonesia dan sekarang sudah mulai Go Internasional dengan mengirimkan Puteri Indonesia untuk mengikuti pemilihan Miss Universe. Dengan tujuan untuk mengangkat image produk-produk Mustika Ratu yang mengusung kosmetika tradisional ke pasar Internasional.

1.1        Visi Dan Misi Perusahaan
            Dalam memformulasikan strategi diharapkan perusahaan memiliki visi dan misi yang jelas dalam rangka mengimplementasikan strategi perusahaan yang sesuai dengan visi misinya, dimana visi dan misi perusahaan PT. Mustika Ratu, Tbk.
a.      Visi perusahaan
Menjadikan warisan tradisi keluarga leluhur sebagai basis industri perawatan kesehatan/kebugaran dan kecantikan / penampilan paripurna (holistic wellness) melalui proses modernisasi teknologi berkelanjutan, namun secara hakiki tetap mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari alam.
b.      Misi perusahaan
Falsafah kesehatan/kebugaran dan kecantikan/penampilan paripurna (holistic wellness) yang telah lama ditinggalkan masyarakat luas, digali kembali oleh seorang Puteri Keraton sebagai royal heritage untuk dibagikan kepada dunia sebagai karunia Tuhan dalam bentuk ilmu pengetahuan yang harus dipertahankan dan dilestarikan.

Posisi Bisnis Perusahaan
Berawal dari usaha rumah tangga, kini MRAT telah tumbuh menjadi perusahaan consumer products yang besar. Produk-produk MRAT kini menempati posisi puncak di pasar domestik dan diterima baik di pasar luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Asia Timur, Eropa Timur, Timur Tengah dan beberapa negara Afrika. Bertolak dari keberhasilan ini, perusahaan berencana untuk meningkatkan ekspor dan penetrasi ke pasar internasional lainnya. MRAT kini memusatkan usahanya pada produk jamu dan kosmetika tradisional yang kategori produknya, baik jenis produk maupun mereknya terus berkembang.
Perusahaan Mustika ratu memanfaatkan semangat back to nature, banyak orang diseluruh dunia kini beralih menggunakan produk-produk yang terbuat dari bahan alami dan proses produksinya tidak merusak alam yang sejalan dengan kampanye-kampanye global warming yang akhir-akhir ini marak. MRAT sebagai salah satu produk kosmetika tradisional Indonesia yang saat ini sudah mencapai puncaknya berusaha untuk terus menyempurnakan dan mengembangkan setiap aspek usahanya. Bila dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang besar, sekitar 220 juta jiwa, dan hampir lebih dari setengahnya adalah kaum wanita, Mustika Ratu mempunyai kesempatan untuk mendominasi pasar kosmetika nasional dengan produk-produknya yang berbahan dasar alami.
MRAT pada tahun 2011 berusaha untuk melakukan ekspansi pasar internasional dengan menggebrak pasar Amerika dan Eropa Barat. Selain produk kosmetik, perusahaan raksasa milik Mooryati Soedibyo ini juga akan melakukan ekspansi terhadap produk jamu dan herbal.

Budaya Perusahaan
1.      Mengutamakan peningkatan kepuasan pelanggan
2.      Bekerja dengan budaya kekeluargaan dan keakraban
3.      Menghargai integritas dan profesionalisme yang tinggi
4.      Menunjang kerjasama dan gotong royong dalam mencapai tujuan bersama

Pesaing Bisnis
Banyaknya kompetitor baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang menawarkan harga yang lebih kompetitif dan murah dengan hasil yang lebih maksimal merupakan kendala yang harus ditangani oleh PT. Mustika Ratu Tbk agar konsumennya tetap loyal menggunakan produk mereka.
Tantangan yang menunggu para pelaku industri kosmetik di dalam negeri memang tidak hanya berasal dari persaingan antar sesama pemain lokal. Sejak pertengahan tahun lalu, peredaran kosmetik impor asal China terus menunjukkan peningkatan. Pada 2009, penguasaan pasar dalam negeri oleh kosmetik dari China naik 10% menjadi 30% dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan nilai impor mencapai US$25 juta-US$30 juta. Produk asal China bisa dengan mudah menarik hati pembeli karena ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah. Harga kosmetik impor dari China lebih murah 10%-20% dibandingkan dengan harga produk lokal. Kompetisi yang kian ketat tak lantas membuat pemain lokal terjerembap. Tengok saja kinerja Mustika Ratu, emiten produsen kosmetik, yang pada tahun lalu yang masih mampu menangguk pertumbuhan pendapatan (Analis PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) Dipo Akbar Panuntun).
Seperti yang diketahui, mulai banyaknya produk kecantikan murah dari luar negeri yang menyerbu Tanah Air, hal ini dapat dilihat juga dari keikutsertaan mereka dalam pameran Cosmobeaute Indonesia 2006 yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu dan adanya perusahaan yang menerapkan Multi Level Marketing (MLM) pada produk kecantikan yang sedikitnya 80% dari 100 peserta pameran tersebut berasal dari luar negeri yang menawarkan berbagai macam produk dan peralatan kecantikan.
Penurunan daya beli konsumen di karenakan adanya persaingan dari produk luar yang promosinya lebih agresif seperti memberikan katalog produk mereka sehingga konsumen dapat mengetahui produk yang ditawarkan. Hal itulah yang mempengaruhi penjualan di industri kosmetik dan perlu diperhitungkan oleh PT. Mustika Ratu dalam mempertahankan produknya agar tetap exist di pasaran.

Akuisisi Saham PT. Mustika Ratu, Tbk. Oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk.

PT. Unilever Indonesia berupaya meningkatkan minat para pemain Fast Moving Consumer Goods (FMCG) global untuk kembali hadir di pasar, baik melalui akuisisi maupun peningkatan investasi.
Unilever Indonesia terus mempertahankan pertumbuhannya dengan berfokus pada konsumen. Kami pun terus mengembangkan pasar dengan meningkatkan jumlah pengguna produk kami, serta meningkatkan konsumsi dari pengguna yang sudah ada. Kami juga berfokus ke produk yang menghasilkan keuntungan lebih. Kami meningkatkan inovasi di seluruh portofolio agar kami tetap unggul dalam persaingan untuk memuaskan kebutuhan konsumen sesuai dengan kemampuan mereka.
Salah satu cara untuk menycapai tujuan tersebut adalah dengan mengakuisisi saham PT. Mustika Ratu, Tbk yang memiliki prospectus dan keahlian dalam bidang kosmetik herbal, jika hal ini dapat direalisasi berarti perusahaan PT. Unilever Indonesia, Tbk beruasaha memperluas pasar dengan berupaya mengakuisisi saham PT. Mustika Ratu, Tbk. Yang sahamnya sebagian besar dimiliki oleh keluarga sebesar 71,26%. Hal ini berarti perusahaan atau pemegang saham mayorita adalah pemilik.
Pada kenyataannya MRAT belum mau melepas sahamnya, hal ini di sebabkan oleh adanya beberapa alasan yaitu:
1. Mustika Ratu merupakan perusahaan public yang mayoritas sahamna dimiliki oleh keluarga, sehingga lebih mengutamakan peningkatan kepemilikan dibandingkan dilepakan kepada pihak lain.
2.    Belum adanya kecocokan harga yang di tawarkan kepada pihak mustika ratu.
3. Perusahaan berupaya untuk menolak merger dan akuisisi dari pihak lain dengan cara sebagian besar sahamnya di pegang oleh keluarga, hal ini bertujuan untuk membatasi peranan pihak luar dalam perusahaan tersebut.

4.    Secara finansial Mustika Ratu untuk membiayai unit-unit usahanya.

LAMPIRAN
Laporan Keuangan Konsolidasi PT. Mustika Ratu, Tbk. (Dalam Jutaan Rupiah)
Dalam Jutaan Rupiah
2010
2009
2008
2007
2006
Penjualan Bersih
369.366
345.576
307.804
252.123
226.387
Laba Bersih
24.419
21.017
22.290
11.130
9.096
Jumlah Saham Beredar
428
428
428
428
428
Laba Bersih per Saham
57
49
52
26
21
Total Assets
386.352
365.636
354.780
315.998
291.769
Sumber : Data Skunder Diolah (Indonesian Capital Market Directory – ICMD)

1 komentar:

  1. Halo,
     Saya adalah Mr.ALEXANDER ROBERT, dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM, ini adalah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi bisnis yang lebih baik, perusahaan pinjaman pinjaman, Diberikan dan diberi lisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan. rendahnya tingkat manfaatnya sebanyak 2%.

    Saya adalah Tuan ALEXANDER ROBERT, akan memberikan penghormatan saya kepada semua pemohon yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda terserah Anda, itu juga tidak akan berakhir di sana, kami memiliki tim ekspat yang mengerti hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberikan tip yang akan membantu Anda mengelola investasi Anda sehingga Anda menginvestasikan pinjaman Anda, jadi Anda tidak lagi bangkrut dalam hidup Anda dan tawaran menakjubkan ini hadir dengan pinjaman Anda, Hubungi kami hari ini melalui email alexanderrobertloan@gmail.com

    Layanan kami meliputi:

    * Pinjaman pribadi
    * Amankan Pinjaman
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan pinjaman
    Pinjaman pinjaman
    Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman siswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Otomatis
    * Resolusi Pinjaman
    Pinjaman Pembangunan
    Pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Penunjukan salah

    Silahkan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui e-mail:
    alexanderrobertloan@gmail.com

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelum:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih,
    Mr ALEXANDER ROBERT (alexanderrobertloan@gmail.com)

    BalasHapus