Halaman

Senin, 30 September 2013

DEMO BURUH

Rabu, 1 Mei 2013 adalah peringatan Hari Buruh Internasional yang dirayakan oleh para buruh dari berbagai negara. Perayaan ini juga diikuti oleh buruh yang berasal dari Indonesia dengan cara menunjukan aspirasi mereka lewat unjuk rasa


Para buruh yang tergabung dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) mengajukan tuntutan dalam aksi unjuk rasa kali ini. Yang akan turun adalah massa dari KSPI, KSPSI, dan KSBSI.
Massa demo yang sejak pagi melakukan demo di beberapa titik di Jakarta seperti depan gedung DPR RI Senayan, kantor KPU, Kemenakertrans, Balaikota, dan Bunderan HI, bergerak menuju satu titik yakni depan istana.
Akibatnya, massa pendemo di depan kantor Presiden semakin menyemut. Masing-masing kelompok massa mengisi waktunya hingga habis waktu yang diperbolehkan berdemo yakni pukul 18.00 wib dengan mendengarkan orasi dari mobil komando mereka.
Namun seperti demo-demo hari buruh tahun sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak berada di istana. SBY lebih memilih merayakan hari buruh dengan berkunjung ke Jawa Timur.

Didampingi sejumlah menteri, di Jawa Timur SBY mengunjungi pabrik PT. Maspion dan PT. Unilever Indonesia. Di depan para buruh pabrik itu, SBY menyampaikan bahwa hari libur nasional 1 Mei mulai berlaku tahun depan.

Berikut ini adalah Tuntutan Buruh Kepada Pemerintah
  1. Para buruh menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) karena dapat berdapat kepada naiknya harga-harga kebutuhan dasar masyarakat sehingga bisa mengakibatkan daya beli buruh dan masyarakat menurun. Dengan kenaikan harga BBM ini maka, biaya hidup bisa naik.
  2. Upah minimum yang diterima oleh para buruh. MPBI menolak izin upah minimum non-prosedural oleh Gubernur di setiap provinsi. Buruh juga menuntut revisi Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 13 Tahun 2012 tentang Kebutuhan Hidup layak (KH).
  3. Melaksanakan Jaminan Kesehatan untuk seluruh rakyat per 1 Januari 2014 dan tidak bertahap pada 2019.
  4. Revisi Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan dan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2012 tentang Penerimaan Iuran Bantuan Jaminan Kesehatan.
  5. Mengenai tuntutan yang terkait dengan revisi undang-undang dan terkait outsourcing. Said juga menuntut agar outsourcing di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga dihapuskan.
  6. Buruh juga menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Keamanan Nasional (Kamnas) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) yang dianggap membatasi kebebasan berserikat dan kebebasan berpendapat.
  7. Menuntut sahnya RUU Pekerja Rumah Tangga (PRT), dan revisi terhadap Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Buruh Migran. Sementara itu dalam menghadapi aksi unjuk rasa hari ini, banyak dari perusahaan yang meliburkan karyawannya dan mengganti jam kerja ke hari Sabtu atau Minggu pekan ini. (RN)
Demo Buruh Rugikan Industri Ratusan Miliar Rupiah
Kerugian akibat demonstrasi besar-besaran oleh para buruh di Jakarta ditaksir mencapai angka miliaran rupiah. Hal itu dikatakan Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Eddy Kuntadi saat dihubungi wartawan, Rabu (1/5/2013) petang.
Eddy menyampaikan, berdasarkan pengalaman dari demonstrasi di Hari Buruh Sedunia atau May Day, para pelaku industri selalu mengalami kerugian dengan total mencapai ratusan miliar. Tak terkecuali untuk hari ini. Meski belum menghitung secara rinci, ia memprediksi jumlah kerugiannya akan berada di kisaran yang sama.
"Kerugian akibat demo pasti ada, terutama daerah industri yang semua buruhnya berdemo. Cukup besar, kira-kira ratusan miliar rupiah," kata Eddy. Ia menegaskan, kerugian akibat demonstrasi buruh selalu berulang di setiap tahun. Pemicu utamanya adalah roda produksi yang terpaksa berhenti karena buruh turun ke jalan.  Selain itu lumpuhnya lalu lintas di beberapa ruas jalan Ibu Kota juga ikut memberi dampak tak langsung terhadap transportasi pendukung industri. "Kerugian dihitung materiil dan imateriil," ujarnya.

1 komentar:

  1. Halo,
     Saya adalah Mr.ALEXANDER ROBERT, dari ALEXANDER ROBERT LOAN FIRM, ini adalah pinjaman Asli yang akan mengubah hidup Anda menjadi bisnis yang lebih baik, perusahaan pinjaman pinjaman, Diberikan dan diberi lisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan. rendahnya tingkat manfaatnya sebanyak 2%.

    Saya adalah Tuan ALEXANDER ROBERT, akan memberikan penghormatan saya kepada semua pemohon yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam urusan bisnis ini karena perusahaan akan memastikan pinjaman Anda terserah Anda, itu juga tidak akan berakhir di sana, kami memiliki tim ekspat yang mengerti hukum investasi, mereka akan membantu Anda, memberikan tip yang akan membantu Anda mengelola investasi Anda sehingga Anda menginvestasikan pinjaman Anda, jadi Anda tidak lagi bangkrut dalam hidup Anda dan tawaran menakjubkan ini hadir dengan pinjaman Anda, Hubungi kami hari ini melalui email alexanderrobertloan@gmail.com

    Layanan kami meliputi:

    * Pinjaman pribadi
    * Amankan Pinjaman
    * Pinjaman tidak dipagari
    * Hasil pinjaman
    * Pelatihan pinjaman
    Pinjaman pinjaman
    Pembayaran pinjaman
    * Pinjaman siswa
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Otomatis
    * Resolusi Pinjaman
    Pinjaman Pembangunan
    Pinjaman pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman pendidikan
    * Penunjukan salah

    Silahkan isi formulir permohonan pinjaman di bawah ini dan kembalikan kepada kami untuk melayani kami dengan lebih baik melalui e-mail:
    alexanderrobertloan@gmail.com

    DATA PEMOHON

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status Perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi saat bekerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelum:
    16) Tanggal lahir:
    Terima kasih,
    Mr ALEXANDER ROBERT (alexanderrobertloan@gmail.com)

    BalasHapus